Minggu, 24 Februari 2013

Liga Champions Tahun Musim 1992 - 1993

Klasemen liga champion - 1992-1993 UEFA Champions League adalah Piala Eropa ke-38, klub utama Eropa turnamen sepak bola, dan musim pertama di bawah format Champions UEFA saat ini Liga (awalnya hanya fase grup).

Ini adalah turnamen kedua untuk memiliki tahap grup yang melibatkan delapan pemenang putaran kedua dibagi menjadi dua kelompok, dan pemenang dari masing-masing bertemu di final. Selain itu, sebuah babak penyisihan diperlukan karena ini adalah musim pertama setelah pecahnya Uni Soviet dan Yugoslavia, mengakibatkan sejumlah besar negara-negara baru yang memenuhi syarat untuk memasuki juara liga mereka sendiri ke dalam kompetisi.

Turnamen ini menang untuk pertama kalinya oleh Marseille, mengalahkan Milan di final. Namun, segera setelah kemenangan Marseille dugaan pengaturan pertandingan yang ditujukan pada mereka dan mereka presiden Bernard Tapie. Ini melibatkan pertandingan liga di mana Marseille, itu muncul, telah tetap mereka gelar-clinching Divisi 1 pertandingan melawan Valenciennes sehingga mereka bisa berkonsentrasi pada pertandingan Milan. Hal ini diyakini bahwa Tapie menyuap Valenciennes kehilangan sehingga Marseille akan memenangkan liga Perancis sebelumnya, memberi mereka lebih banyak waktu untuk mempersiapkan final Liga Champions. Hal ini mengakibatkan Marseille sedang dilucuti dari gelar liga mereka oleh Federasi Sepakbola Prancis (meskipun tidak di Liga Champions, sebagai pertandingan yang dimaksud tidak dalam kompetisi itu). Mereka juga dipaksa diturunkan ke tingkat kedua di liga, dan dilarang mempertahankan gelar Eropa mereka di musim 1993-94, dan bertarung dalam 1993 Piala Interkontinental dan Piala Super.

Jadwal liga champion - Barcelona, ​​juara bertahan, tersingkir di babak kedua oleh CSKA Moskow.

1993 Final Liga Champions UEFA adalah pertandingan sepak bola antara klub Prancis Marseille dan klub Italia Milan, dimainkan pada tanggal 26 Mei 1993 di Olympiastadion di Munich, Jerman.

Final, yang diikuti untuk pertama kalinya UEFA Champions tahap grup Liga, melihat Pantai Gading kelahiran Marseille bek Basile Boli skor satu-satunya gol dari permainan pada menit ke-43 untuk memberikan l'OM gelar Piala Eropa pertama mereka. Ini adalah pertama kalinya bahwa sebuah tim Perancis telah memenangkan Piala Eropa, dan tidak ada klub Prancis telah memenangkan trofi sejak.

Klub dan presiden mereka Bernard Tapie nantinya akan ditemukan telah terlibat dalam skandal pengaturan pertandingan selama musim 1992-93 (di mana Marseille dituduh membayar Valenciennes FC kehilangan pertandingan), yang melihat mereka terdegradasi ke Divisi 2 dan dilarang dari partisipasi dalam sepak bola Eropa untuk musim berikutnya. Seperti skandal mempengaruhi pertandingan liga hanya Perancis, status Marseille tahun 1993 UEFA juara tidak terpengaruh. Liga champions musim 1994

Tidak ada komentar:

Posting Komentar