Selasa, 22 Januari 2013

Virus Kuda Troya Untuk Kanker Prostat

Percobaan yang menggunakan virus mematikan bernama Trojan Horse pada terapi kanker menunjukkan hasil positif. Peneliti Inggris menemukan bahwa virus ini berhasil melumpuhkan sel kanker prostat pada tikus.
Tim peneliti pertama memasukkan virus Trojan Horse ke dalam sistem kekebalan tubuh. Ini dilakukan untuk memasukkan virus diam-diam ke sel kanker. Ketika sudah berada di dalam, ribuan virus pun dilepaskan untuk membunuh sel kanker.

Hasil ini cukup menarik bagi peneliti. Namun mereka mengakui bahwa penelitian pada manusia masih perlu dilakukan. Menggunakan virus untuk menghancurkan sel tumor adalah salah satu wilayah penelitian dalam bidang terapi kanker. Meski begitu, peneliti dihadapkan pada tantangan untuk membawa virus pembunuh dalam sel tumor yang dalam agar bisa menghasilkan kerusakan besar.

"Masalahnya adalah penetrasi," ungkap Profesor Claire Lewis dari University of Sheffield pada BBC (21/12).

Peneliti melakukan percobaan pada tikus. Satu kelompok tikus diberikan perawatan tertentu, sementara kelompok lain diberikan terapi Trojan Horse.

Hasilnya, dalam 40 hari penelitian tikus yang diberikan terapi Trojan Horse diketahui masih hidup. Sel kanker tidak ditemukan dalam tubuh mereka. Sementara tikus lainnya mati dan diketahui adanya sel kanker yang sudah tersebar ke tubuh mereka.

Hasil ini menunjukkan bahwa terapi Trojan Horse mampu menghilangkan sel kanker prostat dan tidak menimbulkan efek bahaya setelahnya. Meski begitu, peneliti khawatir hasil penelitian ini tidak sama jika diujicobakan pada manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar